Kamis, 27 Desember 2012

Trust Me!

"Honesty, is a very expensive gift. Don't expect it from cheap people."

Jujur itu, bikin sedih ya? Pernah nggak sih lo ngerasa kalo lo lebih baik bohong daripada kehilangan sesuatu yang lo suka? Atau lo lebih milih untuk jujur, tapi dngan syarat mungkin lo akan kehilangan beberapa hal yang lo suka?
Gua rasa, nggak cuma segelintir orang yang sedang merasakan hal kayak gitu. Banyak orang, yang gua rasa lagi galau gara-gara masalah kejujuran ini. Bukan apa-apa, jujur, emang selalu jadi bagian paling sulit dari sebuah perjalanan hidup. Kalo orang pikir tulus sama ikhlas itu suliit, gua justru berpikir jujur ini yang paling sulit. Gimana lo bisa tulus ikhlas kalo jujur aja belum?
Tapi, overall, akubat mahalnya kalimat kejujuran yang terungkap di dunia ini, gua jadi bener-bener salut sama mereka yang berani berkata jujur pada orang-orang di sekitarnya, meski dia tau, dengan berkata jujur mereka mungkin akan kehilangan beberapa hal yang mereka suka. Anyway, try to think in other side. Dengan berkata jujur, lo tentunya berhasil menyaring banyak orang di sekitar lo, dan mampu menemukan orang-orang yang bener-bener tulus sayang sama lo. Nggak ngeliat segalanya dari kekurangan lo. Dan mau ngasih reward karena lo udah melakukan hal yang baik.
Masalah kejujuran, biasanya berkaitan erat sama kekurangan diri sendiri, latar belakang keluarga, dan lingkungan pekerjaan. Kalo lo sekarang dihadapkan sama yang pertama, saran gua sih cuma satu. Jadi diri lo sendiri. Nggak usah deh tuh, sok jaim dengan pake banyak topeng kemana-mana. Daripada nantinya lo juga yang nyesel lantaram orang-orang yang ngedeketin lo juga berasal dari topeng yang berbeda. 
Latar belakang juga nggak jauh-jauh dari kekurangan diri sendiri sebenernya. Kalo lo udah nggak pede ngakuin kekurangan diri lo sendiri, otomatis lo juga nggak bakal berani ngungkapin masa lalu lo ke orang-orang terdekat lo. Kalo lo takut sahabat lo ngejauhin lo cuma karena dia tau bokap lo seorang tukang bakso, harusnya lo berterima kasih sama Tuhan karena Dia udah ngasih tau siapa aja temen yang patut lo jadikan sahabat. Sahabat yang baik, nggak akan ninggalin lo cuma karena lo punya kekurangan materi. Dia justru bakal bantuin lo buat survive dan janji bakal ada di samping lo saat lo butuh dia.
Lain lagi kalo di lingkungan pekerjaan. Ini sulit. Berkaitan sama prinsip dan komitmen. Tapi kadang, prinsip itu nggak guna kalo udah berhadapan sama realita. Terus gimana? 
Beberapa orang selamat dalam ujian kejujurannya di lingkungan pekerjaan lantaran ia yakin kalo masih ada orang yang patut di percaya dan mempercayai dia. Tinggal banyak-banyakin doa aja dan inget, masih ada orang yang mau support dari belakang, seperti keluarga dan sahabat contohnya.
Dunia emang kejam, sob. Tapi lebih kejam lagi kalo lo ikut-ikutan menambah kekejaman dunia ini. Udahlah, jalanin aja apa yang lagi lo jalanin saat ini. Jadi diri lo sendiri, bersikap terbuka sama orang-orang terdekat lo, dan yakinin diri lo sendiri kalo masih ada banyak orang yang mau percaya sama lo dan patut lo percayai. Nggak ada salahnya, belajar bersikap jujur dari hal-hal yang kecil. Karna saatu kebiasaan kecil bisa mengubah kebiasaan-kebiasaan lo yang lain.
Jangan lo pikirin orang-orang yang kabur setelah lo bersikap jujur ke mereka. Karena mereka juga manusia. Gua yakin, suatu saat akan ada waktunya ketika Tuhan menghadapkan mereka pada masalah yang pernah lo alami dan disaat itu, gantian mereka yang harus bersikap jujur. Orang yang baik, pasti bakal inget sama apa yang pernah seharusnya mereka jadikan pelajaran. Kalo orang itu tiba-tiba balik lagi ke kehidupan lo dan minta maaf, ya berjiwa besar lah. Lo maafin dia. Itu tandanya, kehidupan baik akan menghampiri lo sebentar lagi. Karena segalanya, pasti bakal berlangsung normal lagi.
Intinya, kejujuran emang hal yang paling berat yang susah banget buat dilakuin oleh paling nggak setengah penduduk bumi. Lantaran rasa malu yang jadi pemicunya, lo jadi takut buat berbuat jujur ke orang-orang di sekeliling lo. Gini aja sih gampangnya, lo mungkin akan ngerasa sakit hati dan sedih banget di awal. Tapi percaya sama gua, saat waktunya udah dateng, lo bakal ngerasa jadi orang yang paling beruntung lantaran udah mengungkapkan segalanya di awal. Nggak ada lagi kebohongan, nggak ada lagi yang harus lo tutup-tutupin, dan lo bisa ngelangkah dengan bebas karena lo udah jadi diri lo sendiri tanpa ada satu topeng pun yang berbekas di wajah lo.
So, what a honesty that you ever did?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar