Selasa, 24 Juli 2012

The Awkward Documenter


Siang hari. Sekitar jam 2 lewat beberapa menit. Nggak ada kegiatan yang bener-bener bisa gua lakuin jam segini selain nyalain kompi dan duduk manis sambil buka beberapa jejaring sosial kaya Facebook atau sespesiesnya. Klik sana klik sini. Stalk sana stalk sini. Nggak tau sebenernya apa yang bisa gua dapetin dari hasil stalking hari ini.
Ngerasa nggak ada yang seru, gua buka grup ™IPA 2012™. And hey! Sesuatu yang gua tunggu-tunggu akhirnya nongol disana. Sebuah video. Bukan video sembarangan jelas. Ini video CAS hasil kerja gua beserta beberapa anak lainnya yang - kita menyebutnya - 'The Red Jackets Crew'. Agak konyol sebenernya, mengingat The Crew ini jarang ngumpul dan jarang tampil di peredaran.
Awal mula ceritanya sih gini. Di pertengahan kelas 12 emang anak-anak udah punya banyak isu buat bikin sebuah film dokumenter yang bisa dikenang khususnya bagi anak Red Jackets (sebutan buat anak IPA SMAN 97 Jakarta angkatan 2012). Tapi belum kesampean karena kita masih nggak ngerti gimana caranya dan harus bikin dengan gaya gimana?! Sampe akhirnya, sebuah insiden kecil terjadi saat kelas Bahasa Jerman.
Waktu itu, Herr Ponco nggak bawa laptop buat memenuhi keinginan anak-anak kelas 12 IPA1 yang meraung-raung minta nonton film Harry Potter and The Deathly Hallows. Dan kebetulan, Firyal yang saat itu bawa laptop ngasih pinjem laptopnya ke Herr Ponco. Bodohnya, rencana yang tadinya pengen nonton film Harry Potter malah berubah jadi nonton film ber dubbing Bahasa Jerman yang bahkan nggak ada subtitle-nya sama sekali. Bosen karena nggak ngerti, akhirnya Herr Ponco muterin video yang ada di dalem laptopnya Firyal. Main asal pencet, ternyata yang keluar video gua!
Weiiitts... Bukan B-Movie loh ya. Ini video CAS 11 IPA2 hasil bikinan gua sendiri waktu gua naik ke kelas 12. Tertarik sama karya gua, akhirnya Zahlul sama Bayu merekrut gua jadi anggota The Crew pertama. Dan nggak lama kemudian, hadirlah Maqqi, Latanza sama Nisrina yang ikut bergabung nggak lama kemudian.

Perjuangan The Red Jackets Crew ini dalam mengambil bilah demi bilah video dan foto nggak gampang loh. Selain tantangan berat berupa try out - try out dari lembaga bimbel dan kampus juga tugas yang menumpuk banyaknya, kadang kendala juga dateng dari anak-anak Red Jackets itu sendiri. Suka adaaaa aja waktu yang nggak pas tiap kali mau wawancara atau take shoot. But finally! Here we are. Dengan segala keluh kesah, gundah gulana, jungkir balik, dan semacamnya, kita berhasil membuat sebuah mahakarya hebat yang mudah-mudahan bakal diingat terus sepanjang masa.
Well, penasaran sama filmnya? Yuk, langsung klik play pada video dibawah ini. Please enjoy!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar